Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara menambahkan bahasa asing (arab china korea) di android tanpa aplikasi

Bagi kalian yang suka main facebook mungkin kalian pernah melihat teman kalian update status dengan bahasa Arab atau bahasa China atau Jepang. Mungkin kalian berpikir, pasti pakai aplikasi tambahan. Memang dengan aplikasi android tambahan memang kita bisa menulis dengan bahasa asing. Tapi itu akan menambah penggunaan RAM. Jika hp android kita RAM nya kecil maka bisa berakibat hp menjadi lemot. Sebenarnya kita bisa menambah bahasa asing tanpa kita menginstal aplikasi tambahan. Cara menambah bahasa asing di Android tanpa aplikasi sebenarnya cukup mudah kok jika kita tahu caranya. jika belum tahu caranya baca sampai tuntas ya.

Cara menambah bahasa asing arab korea china di android tanpa aplikasi itu cukup mudah kok. Pertama kalian masuk ke menu pengaturan hp. Untuk contoh aku menggunakan hp Samsung galaxy J1. Masuk ke pengaturan lalu pilih bahasa dan masukan.



Pilih papan tombol Samsung. Biasanya default nya hanya ada bahasa Indonesia. Pilih tambahkan bahasa input. 




Nanti akan muncul banyak bahasa asing yang bisa kita tambahkan. Bis bahasa Arab, China, kanji Jepang atau Korea. Mudah saja bukan. untuk contoh aku pilih bahasa arab atau persia. bisa juga menambahkan bahasa china, kanji jepang atau korea juga bisa. makin banyak maka makin keren. 



Sekarang coba tes dengan membuka aplikasi pesan atau WhatsApp. Buat sebuah pesan baru. untuk memunculkan bahasa arab atau kanji jepang geser ke kiri atau kanan tombol spasinya yang ada tulisan bahasa Indonesia. tombol spasi ya yang ada disebelah icon pengaturan, Nanti akan muncul bahasa Arab atau China. kalau ingin kembali ke bahasa indonesia tinggal geser ke kiri atau kanan saja lagi lalu pilih bahasa indonesia. biar jelas lihat gambar. mudah bukan, ini contoh yang memakai bahasa arab dan china.




Itulah cara menambah bahasa asing di Android tanpa aplikasi tambahan. Dengan cara diatas maka kita tak perlu menginstal aplikasi tambahan yang hanya akan menambah berat hp kita. biarpun kita menambahkan bahasa arab, kanji jepang atau china tapi bahasa hp android kita tetap bahasa indonesia. yang kita ubah hanya keyboardnya saja. Selamat mencoba dan semoga sukses.
Agus Warteg
Agus Warteg Hanya seorang blogger biasa

6 komentar untuk "Cara menambahkan bahasa asing (arab china korea) di android tanpa aplikasi"

  1. Memang sudah ada di setiap android mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kang arief, aku cuma berbagi informasi saja barangkali ada yang belum tahu. :)

      Hapus
  2. kalau bahasa daerah ada nggk ya? misalnya bahasa Jawa Lampung Palembang gitu? hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada mbak bahasa jawa juga, coba aja mbak biar hp nya agak beda.😃

      Hapus
    2. jadi pengen ketawa, komentarnya santai kayak di facebook hehe

      Hapus